Selamat pagi guys. Udah lama aku gak ngeUpdate isi blog ini. Banyak faktor sih yang bikin aku gak mengupdate isi blog ini sejak lama. Nah kali ini, aku mau share sebuah resensi buku yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia. Kenapa sih aku mau share ini? Tentunya karena ini tugas pelatihan TIK di Universitas kebanggaan aku, UNY :) So, ini dia Resensisnya
Resensi
Buku
PERSPEKTIF
PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT
Judul Buku : PERSPEKTIF PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT
Pengarang : Conny Semiawan
Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Tahun Terbit :
1997
Tebal Halaman : xii
& 270 halaman
Anak
berbakat merupakan seorang anak yang memiliki tingkat intelektual lebih tinggi
dari pada anak-anak lain pada umumnya. Tidak hanya itu, anak berbakat biasanya
memiliki pola pikir yang berbeda dari pada anak lainnya dan cenderung memiliki
rasa ingin tahu yang tinggi. Dalam dunia pendidikan, khususnya di
sekolah-sekolah umum, anak berbakat biasanya cenderung terasingkan karena pola
pikir mereka yang berbeda dan guru pada umumnya belum bisa memahami kalau
mereka itu sebenarnya anak yang berbakat. Hal ini dapat menyebabkan kemampuan
para anak berbakat yang ada terbuang sia-sia dan tidak dapat berkembang,
padahal kemampuan mereka dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara apabila diberi
arahan dan dikembangkan secara baik. Oleh karena itu, pendidikan bagi anak
berbakat sangat penting untuk diperhatikan. Dalam buku ini, Conny Semiawan menerangkan
secara detail mengenai penjelasan tentang anak berbakat, pengidentifikasian
keberbakatan, Layanan pendidikan, hingga model penyelenggaraan pendidikan bagi
anak berbakat.
Bab
I yang berupa pendahuluan berisi tentang alasan ditulisnya buku ini secara
rasional, keterkaitan buku ini dengan mata kuliah pendidikan luar sekolah, dan
cara penggunaan buku.
Pada
Bab II kita diberi informasi mengenai pentingnya pendidikan bagi anak berbakat.
Selain itu, terdapat pula pembahasan mengenai pengertian keberbakatan, kondisi masyarakat
Indonesia dalam menanggapi keberbakatan, dan sejarah pendidikan anak berbakat
di dunia dan di Indonesia.
Pada
Bab III, penulis memberikan penjelasan mengenai keberbakatan secara mendetail,
mulai dari ciri-ciri anak berbakat, berbagai kemampuan umum dan intelegensi
anak berbakat, dan bakat khusus yang mereka miliki.
Bab
IV memberikan penjelasan kepada kita mengenai cara mengidentifikasi anak
berbakat, mulai dari tahap penyaringan, alat indetifikasinya, serta model-model
penilaian keberbakatan yang ada.
Pada
Bab V, kita diberi penjelasan mengenai layanan pendidikan anak berbakat; mulai
dari jenis-jenis pelayanannya hingga manajemen penyelenggaraan pelayanan
pendidikan bagi anak berbakat.
Pada
Bab VI, terdapat penjelasan mengenai berbagaimacam permasalahan yang biasa
dihadapi oleh para anak berbakat dan cara mengatasinya melalui metode bimbingan
dan konseling.
Pada
Bab VII, dibahas mengenai isu dan asumsi seputar masa depan para anak berbakat
beserta arahan bagi masa depan mereka, termasuk dalam kemauan politik mereka.
Pada
Bab VIII, berisi tentang berbagai macam alternatif atau model penyelenggaraan
pendidikan bagi anak berbakat, perkembangan kemampuan manusia secara umum, dan
kesimpulan.
Secara
umum, buku ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain muatan materi yang
mendetail dan mudah dipahami, terdapat gambar dan bagan yang sangat berguna
dalam penjelasan beberapa materi, dan juga sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan
buku ini sangat bermutu.
Namun
layaknya kata pepatah, tak ada gading yang tak retak, buku ini juga memiliki
beberapa kekurangan, antara lain cover buku kurang menarik sehingga mengurangi
minat para pembaca untuk membaca buku ini serta penggunaan bahasa yang
cenderung menggunakan tata bahasa lama sehingga kadang terasa aneh bagi para
pembaca saat ini.
Kesimpulan
dari resensi buku ini adalah bahwa buku ini sangat direkomendasikan bagi setiap
orang yang memiliki ketertarikan mengenai penyelenggaraan pendidikan bagi anak
berbakat dan penjelasan mengenai anak berbakat itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar